Welcome to ....

Kamis, 15 November 2012

SEKILAS TENTANG EXPORT DATA PESERTA UN (UJIAN NASIONAL) DARI APLIKASI DAPODIK TAHUN 2013


Modul/patch “export_un” adalah modul tambahan pada aplikasi dapodik yang dapat di instal pada aplikasi pendataan dapodik, sehingga pihak sekolah dapat menarik database yang sudah pernah di input di dalam aplikasi tersebut dalam rangka pendataan ujian nasional.
Instalasi patch “export_un” pada aplikasi dapodik akan mengupdate aplikasi pendataan menjadi versi 13.0.1 terbaru yang telah disempurnakan untuk memudahkan dalam hal input data (bugs free). Disamping itu setelah instalasi akan muncul unduhan  “cek_peserta_un” dan “unduh_peserta_un” di halaman informasi. Untuk mendapatkan patch/modul “export_un” ini dapat di unduh di laman infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id atau dapat menghubungi KKDATADIK kab/kota setempat atau panitia penyelenggaraan ujian nasional di kab/kota saudara.
Maksud dari modul “export_un” adalah bentuk integrasi data pokok pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar sebagai pemanfaatan data untuk mensupport data Ujian Nasional. Secara teknis dalam aplikasi pendataan akan menghasilkan data peserta didik kelas 6 (untuk jenjang SD) dan kelas 9 (untuk jenjang 9) sebagai calon peserta ujian nasional. Tujuan dari modul “export_un” adalah agar sekolah dapat memanfaatkan data yang sudah pernah di inputkan di dalam aplikasi dapodik sehingga tidak perlu menginput data berulang kali untuk pendataan ujian nasional.

Ketentuan penggunaan
1.   Aplikasi pendataan dapodik dikdas yang sudah terinstal dalam komputer adalah minimal versi 13.0.0 atau 13.0.1. jika masih menggunakan versi sebelumnya silakan update terlebih dahulu dengan mengunduh aplikasinya di laman infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id.
2.   Rombongan  belajar  sudah  terisi  lengkap,  baik  Peserta  didik  terdaftar  maupun  PTK mengajar di masing-masing rombongan belajar.
3.   Database yang diambil sebagai calon peserta UN adalah data kelas 6 untuk jenjang SD dan kelas 9 untuk jenjang SMP pada semester aktif (ketika login pada aplikasi). Jika terjadi kesalahan pengisian rombel, misal tingkat 1, 2, 3 diisikan pada sekolah dengan jenjang SMP, maka perbaiki dulu data rombel di dalam aplikasi dengan memilih tingkat 7, 8 dan 9 untuk SMP.
4.   File database yang dihasilkan adalah file dengan extension .dat dengan nama file (NPSN - “nama_sekolah”). File ini yang diserahkan ke panitia pendaftaran UN sebagai calon peserta ujian nasional.
5.   Untuk  lebih jelas penggunaan patch ini, dianjurkan  untuk  melihat video  tutorial/panduan “Tutorial Patch Eksport UN”. Jika ada pertanyaan  lebih  lanjut  seputar  penggunaan  patch export_un dan aplikasi dapodik ini, silahkan hubungi contact person kami di email: Infopendataan.dikdas@gmail.com , sekretariatdikdas@gmail.com atau hubungi helpdesk online di website infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id.


(Sumber : Manual Eksport UN 2013
infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id.)